Thursday, December 10, 2009

Smart Action do the best

Smart Action
DSCN2255 Dalam sebuah hadits dijelaskan : “ Sesungguhnya Allah menyukai orang mukmin yang profesional (bekerja denga cerdas)” (hadits dari musnad syihab).Gambaran hadits ini menuntut kita sebagai seorang muslim untuk bekerja, ada banyak peristiwa sebenarnya tidak patut terjadi di tempat kerja kita, karyawan sering datang terlambat, mencuri waktu, pulang sebelum waktunya jika mereka ditanya maka akan muncul sekian banyak alasan yang lebih cocok disebut sebagai alibi daripada udzur. Jika seorang muslim memahami hadits diatas maka dia akan berfikir untuk mengerjakan hal yang saya gambarkan.

Dalam bukunya 99 quntum working , Ichsanuddin K. Menulis : bekerjalah dengan ilmu, agar bisa efektif dan efesian sebab bekerja dengan tanpa ilmu menghabiskan usia, bekerja dengan ilmu itu salah satunya adalah bekerja dengan SMART. Smart dalam artian bahasa adalah cerdas, prigel namun dari tiap huruf dari kata SMART bisa di uraikan sebagai berikut :
SIMPLE, artinya kita mengambil yang kita butuhkan saja, tidak usah bladrah (tidak fokus) kerajakan sesuai skala perioritas.
MEASUREBLE, Segala yang kita kerjakan terukur dan ada batasnya, tidak terlalu memeras tenaga, tidak terlalu memeras otak. Semua sesuai dengan rencana semula.
ACHIEVEBLE, bisa kita selesaikan artinya kita memprediksi bahwa kita mampu menyelesaikan pekerjaan tersbut. Ingat jangan sok pandai berbahay bisa memunculkan ketidak percayaan orang.
RELEVANT, artinya apa yang kita kerjakan sesuai dengan kebutuhan,tidak terlalu berlebihan.
TIMELY, ada batas waktu kapan kita rencanakan dan kapan kita melaksanakan apa yang sudah kita rencanakan.
Ya Allah, semoga kami mampu melaksanakannya
Refrensi : 99 quntum working

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan