Saturday, January 16, 2010

Tips jitu Mengundang komentar diblog and

Setiap artikel yang kita tulis diblog umumnya memancing reaksi para pembacanya, tapi jika tidak pandai menyusun artiekl yang kita tampilkan biasanya tidak ada reaksi dari pembaca, nah itu termasuk dib log saya ini masih belum terlalu banyak artikel yang dikomentari. Idealnya, komentar mereka bubuhkan di dalam setiap artikel. Bagaimana meningkatkan jumlah komentar pada blog? Simak tehnik ProBlogger di bawah ini:
1. Undang Komentar – Mengajak teman atau blogger lain untuk menulis sedikit komentar di bawah artikel. Hal ini bisa memicu pengunjung lain untuk mengomentari artikel yang sama. Jangan lupa, tidak sedikit pembaca artikel tidak akrab dengan system komentar pada blog atau cara menggunakannya. Jadi, memudahkan system komentar perlu diterapkan pada blog. Sebab terkadang ada blog yang prosedur untuk mengisi komentar cukup ruwet sehingga menyebabkan pengunjung blog anda jadi enggan berkomentar.
2. Tanya Pertanyaan – Melemparkan pertanyaan di dalam posting artikel juga membantu mendongkrak jumlah komentar. Kreasikan pertanyaan yang ada di kepala sebagaimana jawaban yang ada di kepala pembaca. Ini sangat efektif mendapatkan respon pembaca. Kebanyakan blog sukses yang saya kunjungi memakai trik ini dan terbukti komentar diblog tersebut pada setiap postingannya menghasilkan komentar yang banyak misalany blog.itikbalis

3. Buka di Penutup – Jika di dalam artikel kita tuangkan semua opini, setidaknya kita siapkan ruang untuk mereka menambahkan sesuatu di dalam komentar. Artinya, pada penutup artikel, kita sebetulnya tidak sedang menutup pembahasan. Ada ruang terbka terbuka untuk mereka berpartisipasi di dalam komentar. Nah ini yang perlu trik husus untuk memunculkannya sehingga terjadi diskusi antara pemilik blog dan pengnjungnya.
4. Saya sering melihat memberikan award kepada pengunjungnya yang banyak berkomentar. Berusaha berinteraksi Dengan Komentar Pembaca – Jika seseorang sudah membubuhkan komentar, komentari komentar itu. Ini memberi nilai tambah kepada pengunjung lain, bahwa blogger aktif dan ikut membaca komentar-komentar yang ada. Pilih saja komentar-komentar penting yang perlu dikomentari. Nanti, jika jumlah komentar semakin meningkat banyak, kurangi ikut campur dalam komentar.
5. Jadi Sederhana – Seringkali pembaca merespon baik pada post yang menunjukkan kelemahan, kegagalan dan keterbatasan pengetahuan. Para pembaca bisa kepincut pada kesederhanaan daripada sikap berlebihan yang membuat komentar negatif pada posting.
6. Bersikap Ramah – Adakalanya sebagai seorang blogger, kita melakukan kesalahan di dalam posting. Mungkin kesalahan ejaan, tatabahasa atau aspek lain dalam blog. Ketika ada seseorang memberi komentar atas kesalahan-kesalahan itu, bersikaplah ramah menghadapinya.
7. Kontroversial? – Para blogger seringkali menggunakan konsep satu ini. Tapi menurut kami, itu tidak selalu berhasil (dan kami sebisa mungkin menghindarinya). Tidak selamanya hal controversial mengundang komentar dari pembaca. Resikonya, kita bisa kehilangan komentar positif dari pembaca setia.
8. Imbalan untuk Komentar - Banyak cara untuk memberi apreasiasi kepada pembaca yang rajin memberi komentar. Mulai dari memberi status khusus di kategori blog hingga cendera mata. Apresiasi ini bisa merangsang pembaca lain untuk ikut berpartisipasi dalam memberi komentar. Secara fitrah memang jika seseorang diberikan penghargaan maka akan menambah semangat mereka untuk berkomentar, ada beberapa blog yang sudah melakukan hal ini dengan memberikan award kepada komentator blognya.
9. Mudahkan untuk Komentar – setinglah cara komentar diblog anda dengan setingan yang mudah kalau perlu jangan ada moderasi terlebih dahulu sebab biasanya pengunjung lebih senang jika komentarnya langsung ditampilkan tanpa harus mengikuti prosedur yang berbelit, namun kekurangan tidak ada moderasi memudahkan para pengunjung iseng memasukkan konten yang tidak layak untuk di lihat karena itu anda harus sering mengontrol blog anda

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan