Home » » Cinta yang terbagi Tiga

Cinta yang terbagi Tiga


 

Seringkali orang berbuat sesuatu dengan alasan cinta, namun demikian tidak banyak yang memahami mestikah rasa cinta mengikuti sesuatu yang telah dilarang oleh Sang pembuat cinta.Degan alasan cinta juga orang berbuat melanggar larangan Allah, dengan cinta kadang seseorang menjadi asyik dengan dirinya sendiri bahkan sering kita dengar ungkapan kalau cinta sudah bicara maka dunia terasa hanya milik orang yang punya atau sedang jatuh cinta. Cinta bisa merubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, cinta bisa merubah orang yang penakut menjadi pemberani, cinta juga bisa merubah orang yang baik menjadi jahat bahkan dengan cinta orang mampu merubah sesorang yang jahant menjadi manusia yang baik. Berikut ini ada beberapa macam mahabbah ( cinta) :

  1. Mahabbatullah (cinta kepada Allah) inilah cinta yang berdasarkan kedalaman iman seseorang, ia berbuat apa saja karena Allah .
  2. Mahabbah Fillah ( cinta karena Allah)cinta ini di implementasikan oleh seorang Muslim kepada saudaranya dengan tulus Ikhlas ia tidak mencantai seseorang dan bahkan membenci kecuali karena Allah, orang sepertii dalam hadits disebutkan sebagai salah seorang kandidat hamba Allah yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat saat manusia kepanasan.
  3. Mahabbah ma'allah (kecintaan bersama Allah) mencintai selaian Allah dalam kecintaan yang wajib seperti mencintai Allah, seperti kecintaan serang musyrikin terhadap berhala-berhala mereka. Cinta seperti ini adalah pokok dari kesyirikan.
  4. Mahabbah thabi'iyyah (kecintaan yang wajar) cinta seperti diwujudkan oleh seorang suami kepada istrinya, ibu kepada anaknya, mencintai kedua orang tua, atau kecintaan seorang anak kepada makanan.
Refrensi :
- Tafsir 'al'asru al akhiri (hal.87)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Google+ Followers

Terbaru

Saat Rindu sahabat terobati dalam pertemuan yang singkat

Gembira,haru berbaur jadi satu, seperti itulah yang dirasakan oleh isteri saya saat berjumpa dengan sahabat lamanya meskipun hanya bebe...

Terhangat