Home » » Delapan langkah memuliakan anak

Delapan langkah memuliakan anak

Setiap orang tua selalu berharap agar anak-anaknya menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepadanya. Ketika kita melihat zaman saat ini betapa banyak anak yang masuk kategori durhaka terhadap orang tua, bukan saja ucapan si anak tetapi perlakuan mereka tehadap orang tuanya sungguh diluar dugaan. Melihat fenomena yang seperti ada baiknya kita mengingat beberapa langkah Rasulullah dalam mendidik generasi penerusnya berikut ulasannya secara singkat :

  1. Menerima kelahiran anak : setiap orang tua hendaknya bersuka cita terhadap lahirnya seorang anak meskipun anak tersebut tidak seperti yang diinginkannya Sabda nabi :" barang siapa yang mengingkari anaknya sedang anak itu mengetahuinya maka Allah menutup diri dari orang itu dan keburukannya akan ditunjukkan dihadapan orang-orang terdahulu dan kemudian ." ( HR. Al Hakim)
  2. Melantunkan di telinga kanan saat lahir kedunia; Aku melihat Rasulullah saw azan di telinga Husein ketika baru saja dilahirkan oleh Fatimah (HR. Al Hakim)
  3. Tahnik : sunnah memberikan yang manis ketika bayi baru lahir ( baik dengan kurma atau Madu)
  4. Menyusuinya dalam waktu dua tahun (AL Baqarah ; 233)
  5. Memberi nama yang baik : Ibnu Qoyyum mengatakan bahwa ada hubungan erat antara nama dan kualitas yang baik. Nama juga merupakan sebuah doa yang diberikan oleh sang ayah.
  6. Aqiqah : menyembelih kambing pada hari ketujuh dari kelahiran bayi ( HR. Ad Darami)
  7. Cukur Rambut : pada hari ketujuh juga dilakukan pencukuran rambut dan menimbang rambut tersebut kemudian bersedekah dengan emas atau perak seberat rambut yang dicukur ( HR. Al Hakim)
  8. Khitan : sebagai langkah menanamkan jiwa bersih dalam diri anak maka hendaklah menghitan anak sedini mungkin.

1 komentar:

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Google+ Followers

Terbaru

Saat Rindu sahabat terobati dalam pertemuan yang singkat

Gembira,haru berbaur jadi satu, seperti itulah yang dirasakan oleh isteri saya saat berjumpa dengan sahabat lamanya meskipun hanya bebe...

Terhangat