Thursday, December 2, 2010

Bermain mempertajam pikiran anak


Anda sebagai orang tua barangkali pernah mengalami pusing tujuh keliling menghadapi anak-anak yang bermain dirumah karena semua areal rumah brantakan.Anak-anak memang ceria dimana saja mereka berada terlabih lagi jika sudah dirumah maka semua tempat menjadi kekuasaan mereka. Sama halnya dengan kami setiap hari harus merapikan rumah karena berantakan setelah dijadikan arena bermain, hanya saja jika mereka di ajak untuk merapikan rumah mereka akan segera merapikannya, bagaimana dengan anda. Anak bermain adalah fitrah yang harus disalurkan Rasulullah mengatakan bahwa bermain dapat mempertajam pikiran anak, sabda nabi :
Rasulullah SAW bersabda,”Hobi, permainan dan kelincahan gerak seorang anak pada waktu kecil, akan mempertajam pemikirannya ketika dewasa.” (HR At Tirmidzi)
Hendaknya anak kecil diberi kesempatan bermain .Melarangnya bermain  dan menyibukkannya dengan belajar terus akan mematikan hatinya, mengurangi kecerdasannya, dan menjadi jemu terhadap hidup, sehingga ia akan sering mencari alasan untuk membebaskan diri dari keadaan sumpek itu. (Imam Al Ghazali)

1 comment:

  1. oh, gitu ya. someday saya udah punya anak, brarti tau bahwa bermain brarti fitrah si anak. thanks. :)

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan